Laman

Jumat, 05 Agustus 2011

Logika

Haii , kawan..gw dateng lagi nih..hari ini gw mw posting tentang logika nih..mungkin ada sambungannya juga dengan filsafat , kalo gak salah ia..hehehe..
gw langsung mulai aja deh postingan gw tentang logika..semoga bermanfaat..jangan lupa komentar ia.. 

1. Logika
Logika adalah cara berpikir yang sederhana yang bisa diterima dengan akal. Logika sesuai dengan caranya yang sederhana, hanya dapat dpergunakan untuk memecahkan hal-hal yang sederhana.
Logika bukan cara berfikir yang komplek dan mendalam. Karena itu juga tidak bisa dipergunakan untuk memecahkan hal-hal yang rumit.
Logika mengandung keterbatasan atau cara berpikir yang terbatas. Logika meninjau sesuatu hal hanya mengenai diluar atau yang tampak, dan tidak sampai menembus soalnya sampai kedalam. Logika hanya menangkap apa yang ada di luar, hanya pada bentuknya, gejalanya atau akibatnya. Tidak sampai menangkap apa yang ada di dalam atau apa yang terdapat didalamnya. Tidak sampai menangkap isinya, hakekatnya atau sebabnya. Karena itu logika belum cukup untuk bisa mengetahui kebenaran secara lengkap dan menyeluruh.

2. Macam Logika
Logika sebagai cara berfikir, terdapat dua macam, yaitu logika formal dan logika dialektis.
Logika formal seperti halnya metode berfikir metafisik, memandang keadaan sebagai hal tetap, tidak berubah.
Logika dialektik seperti juga cara berfikir dialektis, memandang segala sesuatu mempunyai saling hubungan dan dalam keadaan berubah, tidak tetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar